Sejarah Kolintang

KOLINTANG SEJARAH


SEJARAH & PERKEMBANGANNYA

 

 

 

Kolintang merupakan alat musik khas dari Minahasa (Sulawesi Utara) yang mempunyai bahan dasar yaitu kayu yang jika dipukul dapat mengeluarkan bunyi yang cukup panjang dan dapat mencapai nada-nada tinggi maupun rendah seperti kayu telur, bandaran, wenang, kakinik atau sejenisnya (jenis kayu yang agak ringan tapi cukup padat dan serat kayunya tersusun sedemikian rupa membentuk garis-garis sejajar).

 

 Kata Kolintang berasal dari bunyi : Tong (nada rendah), Ting (nada tinggi) dan Tang (nada tengah). Dahulu Dalam bahasa daerah Minahasa untuk mengajak orang bermain kolintang: "Mari kita ber Tong Ting Tang" dengan ungkapan "Maimo Kumolintang" dan dari kebiasaan itulah muncul nama "KOLINTANG” untuk alat yang digunakan bermain.

 

 

 

Pada mulanya kolintang hanya terdiri dari beberapa potong kayu yang diletakkan berjejer diatas kedua kaki pemainnya dengan posisi duduk di tanah, dengan kedua kaki terbujur lurus kedepan. Dengan berjalannya waktu kedua kaki pemain diganti dengan dua batang pisang, atau kadang-kadang diganti dengan tali seperti arumba dari Jawa Barat. Sedangkan penggunaan peti sesonator dimulai sejak Pangeran Diponegoro berada di Minahasa (th.1830). Pada saat itu, konon peralatan gamelan dan gambang ikut dibawa oleh rombongannya.

 

Adapun pemakaian kolintang erat hubungannya dengan kepercayaan tradisional rakyat Minahasa, seperti dalam upacara-upacara ritual sehubungan dengan pemujaan arwah para leluhur. Itulah sebabnya dengan masuknya agama kristen di Minahasa, eksistensi kolintang demikian terdesak bahkan hampir menghilang sama sekali selama ± 100th.

 

 

 

Sesudah Perang Dunia II, barulah kolintang muncul kembali yang dipelopori oleh Nelwan Katuuk (seorang yang menyusun nada kolintang menurut susunan nada musik universal). Pada mulanya hanya terdiri dari satu Melody dengan susunan nada diatonis, dengan jarak nada 2 oktaf, dan sebagai pengiring dipakai alat-alat "string" seperti gitar, ukulele dan stringbas.

 

 

 

Tahun 1954 kolintang sudah dibuat  2 ½ oktaf (masih diatonis). Pada tahun 1960 sudah mencapai 3 ½ oktaf dengan nada 1 kruis, naturel, dan 1 mol. Dasar nada masih terbatas pada tiga kunci (Naturel, 1 mol, dan 1 kruis) dengan jarak nada 4 ½ oktaf dari F s./d. C. Dan pengembangan musik kolintang tetap berlangsung baik kualitas alat, perluasan jarak nada, bentuk peti resonator (untuk memperbaiki suara), maupun penampilan.

 

Saat ini  Kolintang yang dibuat sudah mencapai 6 (enam) oktaf dengan chromatisch penuh.

 

 

 

 

 

Peralatan & CARA MEMAINKAN

 

Setiap alat memiliki nama yang lazim dikenal. Nama atau istilah peralatan Musik kolintang selain menggunakan bahasa tersebut diatas juga memiliki nama dengan menggunakan bahasa Minahasa, dan untuk disebut lengkap alat alat tersebut berjumlah 9 buah. Tetapi untuk kalangan professional, cukup 6 buah alat sudah dapat memainkan secara lengkap. Kelengkapan alat tersebut sebagai berikut:

 

 

 

B   -        Bas           =                   Loway

 

C   -        Cello         =                   Cella

 

T    -        Tenor  1    =                   Karua

 

      -        Tenor 2     =                   Karua rua

 

A   -        Alto 1        =                   Uner

 

      -        Alto 2                 =          Uner rua

 

U   -        Ukulele/Alto 3 =            Katelu      

 

M   -        Melody 1  =                   Ina esa

 

      -        Melody 2  =                   Ina rua

 

      -        Melody 3 =                   Ina taweng

 

                                

 

 

 

MELODY

 

Fungsi pembawa lagu, dapat disamakan dengan melody gitar, biola, xylophone, atau vibraphone. Hanya saja dikarenakan suaranya kurang panjang, maka pada nada yang dinginkan; harus ditahan dengan cara menggetarkan pemukulnya( rall). Biasanya menggunakan dua pemukul, maka salah satu melody pokok yang lain kombinasinya sama dengan orang menyanyi duet atau trio (jika memakai tiga pemukul). Bila ada dua melody, maka dapat digunakan bersama agar suaranya lebih kuat. Dengan begitu dapat mengimbangi pengiring (terutama untuk Set Lengkap) atau bisa juga dimainkan dengan cara memukul nada yang sama tetapi dengan oktaf yang berbeda. Atau salah satu melody memainkan pokok lagu, yang satunya lagi improvisasi.

 

 

 

CELLO

 

Bersama melody dapat disamakan dengan piano, yaitu; tangan kanan pada piano diganti dengan melody, tangan kiki pada piano diganti dengan cello. Tangan kiri pada cello memegang pemukul no.1 berfungsi sebagai bas, sedangkan tangan kanan berfungsi pengiring (pemukul no.2 dan no.3). Maka dari itu alat ini sering disebut dengan Contra Bas. Jika dimainkan pada fungsi cello pada orkes keroncong, akan lebih mudah bila memakai dua pemukul saja. Sebab fungsi pemukul no.2 dan no.3 sudah ada pada tenor maupun alto.

 

 

 

TENOR I & ALTO I

 

Keenam buah pemukul dapat disamakan dengan enam senar gitar.

 

 

 

ALTO II & BANJO

 

Sebagai ukulele dan "cuk" pada orkes keroncong.

 

 

 

ALTO III (UKULELE)

 

Pada kolintang, alat ini sebagai ‘cimbal’, karena bernada tinggi. Maka pemukul alto III akan lebih baik jika tidak berkaret asal dimainkan dengan halus agar tidak menutupi suara melody (lihat petunjuk pemakaian bass dan melody contra).

 

 

 

TENOR II (GITAR)

 

Sama dengan tenor I, untuk memperkuat pengiring bernada rendah.

 

 

 

BASS

 

Alat ini berukuran paling besar dan menghasilkan suara yang paling rendah.

 

 

 

 

 

SUSUNAN ALAT

 

Lengkap (9 pemain) :

 

Melody                  -           Depan tengah

 

Bass                     -           Belakang kiri

 

Cello                     -           Belakang kanan

 

Alat yang lain tergantung lebar panggung (2 atau 3 baris) dengan memperhatikan fungsi alat (Tenor & Alto).

 

 

 

 

 

 

 

NADA NADA DASAR

 

Nada nada dalam alat kolintang sebagai berikut:

 

 

 

C   =    1    3    5          Cm     =       1    2    5

 

D   =    2    4    6          Dm     =       2    4    6

 

E   =    3    5    7          Em     =       3    5    7

 

F    =    4    6    1          Fm      =       4    5    1

 

G   =    5    7    2          Gm     =       5    6    2

 

A   =    6    1    3          Am     =       6    1    3

 

B   =    7    2    4          Bm     =       7    2    4

 

 

 

Sedangkan chord lain, yang merupakan pengembangan dari chord tersebut diatas, seperti C7         =          1      3    5    6, artinya nada do diturunkan 1 nada maka menjadi le . Sehingga saat membunyikan 3 bilah  dan terdengar unsur bunyi nada ke 7 dalam chord C, maka chord tersebut menjadi chord C7. Demikian pula dengan chord yang lain.

 

 

 

CARA Memegang pemukul/ stick kolintang

 

 

 

Memegang Pemukul Kolintang, memang tidak memiliki ketentuan yang baku, tergantung dari kebiasaan dan kenyamanan tangan terhadap stik. Tetapi umumnya memegang stick kolintang dilakukan dengan cara :

 

No. 1 Selalu di tangan kiri

 

No. 2 Di tangan kanan (antara ibu jari dengan telunjuk)

 

No. 3 Di tangan kanan (antara jari tengah dengan jari manis) – agar pemukul no.2 dapat digerakkan dengan bebas mendekat dan menjauh dari no.3, sesuai dengan accord yang diinginkan. Dan cara memukul dan disesuaikan dengan ketukan dan irama yang diinginkan, dan setiap alat memiliki, ciri tertentu sesuai fungsi didalam mengiringi suatu lagu. Pada alat Bass dan alat Melody umumnya hanya menggunakan 2 stick, sehingga lebih mudah dan nyaman pada tangan.

 

( Nomor nomor tersebut diatas telah tertera disetiap pangkal pemukul stick masing masing alat kolintang)

 

 

 

Teknik Dasar memainkan stick pada bilah kolintang sesuai alat dan jenis irama

 

 

 

Dari sekian banyak irama dan juga lagu yang ada, beberapa lagu sebagai panduan untuk memainkan alat musik kolintang disertakan dalam materi ini. Seperti:

 
  • Sarinande                 

  • Lapapaja                   

  • Halo halo Bandung

  • Besame Mucho

 

Lagu lagu tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda baik chord dan irama. Lagu lagu tersebut telah dilengkapi dengan partitur serta chord/ accord untuk memudahkan memahami alat musik kolintang.

 

 

 

Demikian pula dengan teknik memukulkan stick pada bilah kolintang. Karena sesuai irama yang beraneka ragam, maka untuk menghasilkan irama tertentu maka teknik memukulkan stik pada tiap alat pun berbeda beda. Pada materi ini, diberikan teknik teknik dasar cara memukulkan stick pada kolintang. Untuk dapat memahami teknik, dibutuhkan pengetahuan akan harga dan jumlah ketukan dalam setiap bar nada. Dan berbekal pengetahuan dasar dasar bermain kolintang ini saja, ditambah dengan bakat individu, maka grup/ kelompok musik kolintang telah dapat memainkan berbagai jenis lagu dengan tingkat kesulitan yang variatif secara spontan.





The last comments on this page:
Comment posted by aisanta, 05/21/2015 at 3:43am (UTC):
free to again

Comment posted by petrus kaseke, 05/10/2015 at 3:52am (UTC):
Sudah perlu di update susunan alatnya sesuai kesepakatan Cisarua.
Terima kasih.
http://kolintang.co.id

Comment posted by petrus kaseke, 05/10/2015 at 2:55am (UTC):
Sudah perlu di update susunan alatnya sesuai kesepakatan Cisarua.
Terima kasih.
http://kolintang.co.id

Comment posted by markus sugi, 05/10/2015 at 2:28am (UTC):
mantap
http://kolintang.co.id

Comment posted by devied, 05/04/2015 at 9:05am (UTC):
maaf..kalu akord D depe nada D Fis A..Klu d kolintang dang D F A ??

Comment posted by manz_sabah malaysia, 04/23/2015 at 12:01pm (UTC):
Kakek saya sebelum perang dunia kedua pada usia 10 tahun sudah bermain kolintang karna alat musik tradisi kami memang awalnya d perbuat dari kayu. Tapi kami mnggunakan jenis kayu lain dan bukan kayu yg seperti anda. Sejarah kolintang kami juga tidak sama karna kakek saya dulu membuat lubang d tanah sebagai kotak suara kolintang. Wilahan kayuČ akan d letakkan di atas lubang tersebut sbgai resonator. D susun rapi. Jadi nampaknya sejarah muzik kita hampir sama yah

Comment posted by Raynaldy, 04/13/2015 at 12:36pm (UTC):
RAY

Comment posted by varaniar, 04/05/2015 at 10:27am (UTC):
mksh.

Comment posted by Anisa , 03/01/2015 at 12:30pm (UTC):
blm kelar tugasnya

Comment posted by steavanie, 02/07/2015 at 7:23am (UTC):
thanks ya infonya tentang kolintang ^_^

Comment posted by x, 02/01/2015 at 8:17am (UTC):
ini sungguh tdk membantu.dasr bodoh

Comment posted by jepol tondano, 12/27/2014 at 3:48pm (UTC):
Luar biasa.....bangga !

Comment posted by cahya , 12/03/2014 at 10:46am (UTC):
thanks

Comment posted by ody, 11/20/2014 at 3:12am (UTC):

Comment posted by icha, 11/15/2014 at 6:29am (UTC):
pusing gua liat tulisan nya banyak banget keseeeel paraaaahhh

Comment posted by ILYAS, 11/04/2014 at 9:11am (UTC):
:- :-

Comment posted by AKIRA, 10/17/2014 at 3:03pm (UTC):
thanks buat infonya . membantu... banget

Comment posted by cacha, 10/14/2014 at 12:10pm (UTC):
thanks

Comment posted by syntje a.r /matuari waya, 09/29/2014 at 7:37am (UTC):
makase banya jo dapa pngetahuan yg bagus ttg KOLINTANG...demi mlestarikan budaya bangsa Indonsia (khususnya Minahasa - kinatouanku )

Comment posted by Ria yosera, 05/26/2014 at 2:13pm (UTC):
terimakasih banyak atas informasinya yang lengkap , ini sangat membantu saya dalam mencari bahan untuk praktek guiding besok HAHAHA

Comment posted by yeh, 05/14/2014 at 12:17pm (UTC):
thx ya atas infonyaa

Comment posted by Jimbo, 03/26/2014 at 1:15pm (UTC):
Visit our page....
Sanggar Kolintang ...
Bengkel kolintang...
Studio rekaman
tari kabasaran
Dengan prestasi:

Juara dunia kolintang tingkat pemula dan mahir

Juara 3 (dari 33 propinsi) dlm rangka hari musik nasional PAPPRI dan TMII meawakili sulut maret 2014

Facebook : sanggar seni bapontar jakarta
Twitter: @sanggarbapontar @bapontarstudio
Youtube: Sanggar bapontar jakarta

Contact:
Jln. Karet sawah 2 no 212 karet semanggi setiabudi jaksel 12930
085883859927
Sanggarbapontar@gmail.com

Comment posted by stevan, 03/14/2014 at 11:38am (UTC):
wahhh bagus sekali aku jadi bisa lebih tau kunci kunci nya aku suka

Comment posted by sonika_meliyantika, 03/11/2014 at 8:51am (UTC):
bagusss
semua bisa menambah ilmuku tentang musikkkk ... ... :-p

Comment posted by romario umagit, 03/10/2014 at 6:48am (UTC):
setiap kolintang ada bedanya tapi bunyi nya tetap sama....

timbukar 10 maret 2014

Comment posted by Alvaro Rendi Van Dika, 03/03/2014 at 8:55am (UTC):
Perfect :-

Comment posted by lidia, 02/10/2014 at 11:59am (UTC):
its perfect!!!!!!!!

Comment posted by fauziah, 02/08/2014 at 6:32am (UTC):
lebih banyak yang comment daripada isi dari blog-nya

Comment posted by beno, 02/05/2014 at 1:08am (UTC):
I LIKE IT

Comment posted by Tetty Aritonang, 01/23/2014 at 1:49pm (UTC):
Saya domisili di Medan. Saya sdg mencari Kolintang lengkap 1 set (tangga nada lengkap dgn nada chromatis, pengiring, dll) utk 9 orang pemain. Saya juga perlu partitur (notasi) lagu-lagu yg dimainkan dgn kolintang. Berapakah harganya dan siapa kontak personnya? Apakah ada representativnya di Medan? Dan apakah bisa memberikan pelatihan singkat kpd guru musik yg akan mengajarkannya kpd siswa? Tks

Comment posted by UDIN, 01/19/2014 at 6:33am (UTC):
sebenarnya kolintang terbuat dari kayu atau besi sih?

Comment posted by andeandi, 12/08/2013 at 3:06am (UTC):

Comment posted by bejo, 12/05/2013 at 4:13pm (UTC):

Comment posted by richard, 12/03/2013 at 9:27am (UTC):
bagus banget

Comment posted by rtauy, 11/22/2013 at 3:15pm (UTC):
dfyyiiiiffffcxxx

Comment posted by caca, 11/21/2013 at 12:03pm (UTC):
good

Comment posted by Tenty, 11/17/2013 at 2:39am (UTC):
dimana dilihat gambar dan fungsi kolintang???

Comment posted by Natasya, 11/15/2013 at 3:31am (UTC):
banyak banget yang penting,tapi aku cuma di suruh 1 lembar :-

Comment posted by lala, 10/31/2013 at 10:21am (UTC):
huff cari tugas pemain terkenal alat musik indonesia dibuka lain gk ada deh yang di cari

Comment posted by ada ajach :p, 10/28/2013 at 11:20am (UTC):

Comment posted by lhie, 10/25/2013 at 11:33am (UTC):


Comment posted by Dina "Sdenjarben", 10/22/2013 at 10:47am (UTC):
Thx membantu

Comment posted by uskswjswk, 10/21/2013 at 12:49pm (UTC):
;

Comment posted by muslih, 10/03/2013 at 12:30pm (UTC):

Comment posted by marco, 10/01/2013 at 10:57am (UTC):
:-

Comment posted by fellow, 09/29/2013 at 4:26am (UTC):
makasih!!!!!

Comment posted by thalia, 09/22/2013 at 12:07pm (UTC):
aku juga pernah main kolintang. mainnya di bass

Comment posted by Jhuwi, 09/20/2013 at 10:18am (UTC):
sangat membantu,, utk menambah pengetahuantentang kolintang ^^

thankz

Comment posted by jhierren Arnold, 09/07/2013 at 6:09am (UTC):
keren

Comment posted by princess endang, 09/01/2013 at 2:55pm (UTC):
makasih buat infonya,,,jadi bisa ngerjain tugas

Comment posted by XRumerTest, 09/01/2013 at 7:24am (UTC):
Hello. And Bye.

Comment posted by XRumerTest, 08/30/2013 at 4:52am (UTC):
Hello. And Bye.

Comment posted by XRumerTest, 08/29/2013 at 7:33pm (UTC):
Hello. And Bye.

Comment posted by josua , 08/29/2013 at 11:25am (UTC):
tanks ya

Comment posted by XRumerTest, 08/24/2013 at 4:22pm (UTC):
Hello. And Bye.

Comment posted by angel, 08/18/2013 at 1:55pm (UTC):
bentuknya gimana kurang lengkap nih penjelasannyq . padahal sedikit lagi tugas aku beres

Comment posted by ray ban sonnenbrillen, 08/02/2013 at 9:44am (UTC):
Glasses arrived in perfect condition, exactly as I ordered. For most men, the 58mm is the size you want. Included case, cleaning cloth, etc and were definately "genuine" and not a knock off as some have expressed concerns ray ban sonnenbrillen http://www.neuwrite.com/Rayban-Sunglasses

Comment posted by Ray Ban Highstreet Polarized Sunglasses Rb 4068 601-58, 08/01/2013 at 9:06am (UTC):
This was exactly what I expected, just as described on description. Maybe if it said that there are many types of sizes for the aviator and this one is the largest, glad that I have a big face so it looks perfect as none of my previous did (medium). Ray Ban Highstreet Polarized Sunglasses Rb 4068 601-58 http://www.neuwrite.com/Ray-Ban-Jackie-Ohh-Sunglasses-Rb-4101-601.html

Comment posted by Ray-ban 4151 622 Sunglass, 07/31/2013 at 8:52am (UTC):
These are great glasses and my husband loved them but they fell off his head after only one week of owning and the lens shattered. First time that has ever happened with sunglasses but can't really blame Ray Ban. Buyers should just be aware that these lens are fragile. Ray-ban 4151 622 Sunglass http://www.neuwrite.com/Ray-ban-Rb4151-710-57-Polarized-Oculos.html

Comment posted by Ray-ban Cats 1000 Rb 4126 738/3e, 07/31/2013 at 5:35am (UTC):
I love these glasses! Not too big and not too small! The material is very high quality and I am very pleased with how sleek they look! The only problem is that I got them 2 days later than when they said they would deliver. This was pretty upsetting since I needed them for a certain day. All in all it took more than 2 weeks to deliver when they said it would take 5-7 business days. Ray-ban Cats 1000 Rb 4126 738/3e http://www.neuwrite.com/Ray-ban-Cats-1000-Rb-4126-737.html

Comment posted by Ray Ban Wayfarer Polarized Eyeglasses Rb 2132 902/58, 07/30/2013 at 10:38am (UTC):
Bom , bonito e barato , modelo tradicional , resistente , modelo aviador com lentes pretas escuras . ótimas lentes. [url=http://www.neuwrite.com/Ray-Ban-Wayfarer-Rb2140-889-Matte-Turtledove-Sunglasses.html]Ray Ban Wayfarer Polarized Eyeglasses Rb 2132 902/58[/url]

Comment posted by TIAN, 07/30/2013 at 7:25am (UTC):
:-

Comment posted by cindyj, 07/30/2013 at 7:12am (UTC):
niceeee

Comment posted by debora enjoy, 07/29/2013 at 8:11am (UTC):

Comment posted by Javier Trevan, 07/23/2013 at 8:13am (UTC):
Apa sih bentuk kolintang?

Comment posted by bawa, 07/21/2013 at 6:19am (UTC):
bagus sich, tapi apa funsinya? diperjelas donk....

Comment posted by cha_41, 07/09/2013 at 5:59am (UTC):
kolintang is the best dehh!!
mantepp banget...

thx atas infonya..

Comment posted by rozaq, 05/28/2013 at 11:31am (UTC):
musik apa yang menggunakan kolintang

Comment posted by marthen, 05/20/2013 at 5:45pm (UTC):
pencipta musik kolintang adalah William Punuh...pada jaman Presiden RI I Ir. Soekarno selalu memanggil group kolintang dari desa KAIMA TONSEA....murid yang sangat berbakat bernama Nelwan Katuuk yang selalu menadampingi William Punuh...

Comment posted by Pricillia, 05/19/2013 at 11:19am (UTC):
Thank you buat infonya dan bulan september ada lomba kolintang internasional dan besok juga ada lomba dan kami dari Tim Sanggar Syaloom sudah banyak meraih juara 1 Nasional dan juara 3 seManado Timur 2

Comment posted by Nheo, 05/16/2013 at 2:43pm (UTC):
Bro ,, kolintang termasuk ke dalam bentuk apa sih?

Comment posted by anak brandal, 04/27/2013 at 12:32pm (UTC):
mna cra pmbuatanya....??? :-

Comment posted by iluy, 04/24/2013 at 8:26am (UTC):
bagus sih,tapi kolintang bwt ngiringin apa?
tarian,upacara adat, atw yg lai.a?
diperjelas donk,,,,

Comment posted by ria, 04/17/2013 at 1:07pm (UTC):
knp gk ad gmbar alat musikny..
bentukny yg mwu dicari,,,
.....
bntukny kyk mna sich????
:-

Comment posted by NANDA, 04/14/2013 at 9:10am (UTC):

Comment posted by fajar, 04/12/2013 at 1:44am (UTC):
tdk ad keunikan.y

Comment posted by annisa , 04/06/2013 at 7:46am (UTC):

Comment posted by Christova, 04/04/2013 at 1:18pm (UTC):
Dimana sajakah Sekolah Kolintang?

Comment posted by ben jhonsons bbrown, 03/19/2013 at 12:13pm (UTC):

Comment posted by cintya, 03/19/2013 at 10:42am (UTC):
keren sihch......tp kok gk da gambarnya
:-

Comment posted by Nazuwa, 03/12/2013 at 7:44am (UTC):
Cetarrrrrrrrrrrr mEmbAhaNa bAdAi.........

Comment posted by cirik, 02/28/2013 at 2:36pm (UTC):

Comment posted by gerarld, 02/25/2013 at 12:25pm (UTC):
SAMPAH

Comment posted by Indri , 02/25/2013 at 9:26am (UTC):
Thanks yah,, Tugas Aku Udah Kelar

Comment posted by meydie, 02/22/2013 at 9:21pm (UTC):
cukup representatif. bravo kolintang...

Comment posted by anita, 02/18/2013 at 10:42am (UTC):
bagus2 aja sih tapi ngak ada gambarnya

Comment posted by akyu, 02/13/2013 at 10:33am (UTC):
keren....

Comment posted by Aqnes, 01/29/2013 at 9:11am (UTC):
lagu yang memakai kolintang apa ?

Comment posted by angel, 01/23/2013 at 11:53am (UTC):

Comment posted by raka, 01/15/2013 at 8:28am (UTC):
:- opo kue gx seneng maen kmbe kue smua

Comment posted by gabriela, 01/11/2013 at 11:25am (UTC):
keren ....

Comment posted by novita, 12/13/2012 at 11:55am (UTC):
kenapa gambar alat musiknya nggak adha ... kok cuman penjelasannya ajah..
:-

Comment posted by Adi, 12/06/2012 at 2:16pm (UTC):
lengkap sih,tpi sumber'a gk ad

Comment posted by nina, 11/28/2012 at 9:40am (UTC):
gimana cara pembuatannya????
mohon bantuannya.....

Comment posted by Jeni the new generation, 11/28/2012 at 4:14am (UTC):
Cius mie apa

Comment posted by novi, 11/19/2012 at 1:19pm (UTC):
I like this

Comment posted by ruth vanesa, 11/17/2012 at 7:31am (UTC):
kolintang kece badaiiiiii

Comment posted by herisa, 11/12/2012 at 6:45am (UTC):
keren

Comment posted by nawal, 11/09/2012 at 5:41pm (UTC):
eh , kolintang itu termasuk dalam bentuk apa sih ?

Comment posted by Percy Arnold, 11/04/2012 at 6:04am (UTC):
Mantaab....



Add comment to this page:
Your Name:
Your message:

Advertisement
 
 
Today, there have been 36 visitors (56 hits) on this page!
=> Do you also want a homepage for free? Then click here! <=